Sejarah Sd Plus Arafah


SD Plus Arafah dibangun oleh Yayasan Mumtazul Arafah , Yaitu tahun 2002. dengan tujuan mendidik anak-anak bangsa sejak dini dalam rangka turut serta membantu Pemerintah di sub-sektor pendidikan dasar. Pendidikan di SD Plus Arafah mendahulukan karakterisasi mental religius anak-anak dengan cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah s.w.t agar selamat hidup mereka di akhirat kelak. Adapun sasaran dari model pendidikan tersebut adalah ingin meraih generasi Qurani yang dilandasi ketakwaan kemudian didampingi oleh kecerdasan, keterampilan ,kreativitas dan kemandirian yang digulirkan secara kontinu dan konsisten sebagai bekal hidup mereka di dunia. Berdasarkan pada pola pikir tersebut, maka disusun visi dan misi SD Plus Arafah sebagai berikut VISI : Menjadi sekolah yang membentuk peserta didik berakhlak mulia , berprestasi, terampil dan mandiri dengan memegang prinsip “Menuju Generasi Qurani”, MISI : -Meningkatkan pelaksanaan amalan agama Islam dengan tertib dan semangat toleransi kehidupan beragama yang tinggi, - Mengoptimalkan proses pembelajaran sesuai kemampuan, - Membimbing keterampilan peserta didik, - Mengembangkan potensi peserta didik agar terbentuk pribadi yang mandiri, Pada periode 2002 sampai sekitar 2010 Yayasan Mumtazul Arafah mencoba mengembangkan tata kelola atau manajemen sekolah visi dan misi di atas tidak sebatas untaian kata, tetapì bisa menjadi kenyataan walaupun pencapaiannya bergerak sedikit demi sedikit kearah positif sampai saat ini. Roda pengembangan manajemen sekolah terus bergulir sampai sekitar 8 tahun, kemudian pada periode 2010 sampai 2016 yayasan meningkatkan pembinaan dan konsolidasi internal kepada seluruh aparatur sekolah baik tenaga pendidik maupun tenaga penunjang pendidikan. Tujuan pembinaan dan konsolidasi tersebut agar mereka mampu memberikan jaminan mutu pendidikan agama Islam dan pendidikan umum dengan baik Kepada orang tua yang menitipkan anaknva sekolah di SD Plus Arafah. Seiring dengan pengembangan fisik sekolah untuk menambah ruang kelas, sanitasi sehat, ruang guru, perpustakaan dan fasilitas penunjang proses belajar mengajar lainnya, animo masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka di SD plus Arafah dirasa kian meningkat, jumlah siswa pada tahun ajaran 2015-2016 mencapai 272 siswa dari kelas 1 sampai 6, Yayasan dan sekolah paham bahwa suatu ketika jumlah siswa akan konstan karena dibatasi oleh daya tampung ruangan, oleh sebab itu, beranjak dari tahun 2016 transformasi pencapaian pengelolaan sekolah diarahkan pada penguatan kinerja (performance) sekolah dengan terus meningkat mutu layanan pendidikan. Dengan demikian diharapkan bahwa SD plus Arafah terus eksis dan harmoni dengan masyarakat khususnya, di Rancaekek Kencana. Penguatan kinerja sekolah bertumpu pada empat pilar, yaitu pemerintah,yayasan, orang tua siswa, dan guru. Pemerintah dan yayasan akan memberikan bimbingan dan arahan, sementara orang tua siswa dan guru dapat menyokong memajuan sekolah dengan cara memberikan masukan positif dan membangun serta bekerjasama yang harmonis. sampai dengan tahun 2025 atau 2030 proses penguatan kinerja aparatur sekolah diharapkan mampu menjaga kestabilan eksistensi SD plus Arafah yang difasilitasi dan dikelola secara profesional, pada periode tersebut, kedepan SD plus Arafah sudah siap (leading) menjadi sekolah yang dinamis-religius dan sensitif terhadap perubahan zaman.




Pembukaan sekolah Sd Plus Arafah pada tanggal 12 Mei 2002,Tausiyah oleh Bp. K.H. Dr. Miftah Faridl, M.A

